Top 10 Tempat Wisata Belanja Murah Berkualitas di Kota Bandung

Tempat Wisata Belanja Murah di Kota Bandung

Selain menjadi Tempat Wisata Kuliner yang mengasyikkan, kota Bandung juga dikenal sebagai surga wisata belanja atau shopping, terutama belanja busana.

Menjamurnya factory outlet dan distro yang menjual sandang sisa eksport dengan harga yang sangat kompetitif menjadi daya tarik tersendiri bagi kota berjuluk “Parijs van Java” ini.

Tiap akhir pekan atau libur panjang kota Bandung dibanjiri warga Jakarta dan kota lain yang memburu busana murah berkualitas. Jalanan pun menjadi langganan kemacetan tiap  akhir pekan akibat makin padatnya kendaraan, terutama di pusat-pusat perbelanjaan.

Baca Juga

Top 10 Tempat Wisata Belanja Murah di Kota Bandung

Berikut ini 10 tempat wisata belanja murah terpopuler di kota Bandung, berupa kawasan jalan raya, pasar atau pusat perbelanjaan, dan gang.

1. Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas merupakan jalan raya satu arah. Masuknya lewat Jln. Siliwangi, Jln. Ciumbuleuit, dan Jln. Cipaganti.

Jalan Cihampelas

Jalan yang lebih dikenal sebagai tempat wisata belanja murah di Kota Bandung ini berakhir di Jln. Pajajaran dan Jln Cicendo.

Cihampelas dikenal sebagai kawasan busana Jeans dan produk berbahan kulit. Dekorasi toko-tokonya pun unik.

Sebaiknya Anda berjalan kaki guna menyusuri jalan terkenal di Kota Bandung ini.

Kalau Anda berkunjung ke kota Bandung belum lengkap rasanya kalau tidak berbelanja di Jalan Cihampelas. Jalan ini banyak disebut-sebut sebagai Malioboro-nya Bandung –mirip kawasan Malioboro Yogyakarta. Di jalan ini pula ada mal Cihampelas Walk (Ciwalk) dengan konsep outdoor.

2. Jalan Dago

Nama resminya saat ini adalah Jalan Ir. H. Juanda. Namun, jalan yang cukup panjang antara Jalan Riau/Jalan Merdeka melewati Jalan Dipatikukur/Jalan Siliwangi menuju kawasan Taman Hutan Raya Juanda Bandung ini, masih akrab disebut Jalan Dago.

Jalan Dago

Di sepanjang Jalan Dago inilah banyak ditemui factory outlet dan distro tempat belanja busana murah berkualitas, selain dikenal juga sebagai tempat wisata kuliner.

Jalan Dago merupakan tempat kunjungan wajib bagi setiap orang yang berkunjung ke kota Bandung. Anda bisa menikmati suasana Jalan Dago lebih berwarna di malam hari.

Factory outlet di sepanjang jalan dago antara lain Central Branded Outlet, Grande Factory Outlet, Level Factory Outlet, Blossom Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, Glamour factory Outlet, Runway Factory Outlets, Rafles Factory Outlets, dan masih banyak lagi.

3. Jalan Riau

Nama resminya adalah Jalan LLRE Martadinata. Namun, nama Jalan Riau masih digunakan oleh warga Bandung dalam percakapan sehari-hari.

Jalan Riau

Loksinya tidak jauh dari Jalan Dago. Di sepanjang jalan ini juga banyak distro dan factory outlet yang berderet. Jalan ini merupakan favorit wisatawan berbelanja dan jajan selain Dago.

Factory Outlet yang ada di sepanjang jalan yang lebih dikenal sebagai tempat wisata belanja busana ini antara lain China Emporium, The Summit, Emirates, dan masih banyak lagi.

Suasana baru di sepanjang Jalan Riau antara lain trotoarnya yang “disulap” mirip Jalan Asia Afrika, pusat Kota Bandung. Kawasan Jalan Riau pun dilengkapi beberapa fasilitas layaknya Jalan Asia Afrika, seperti bola batu, kursi, pot bunga, penerangan jalan umum dan petunjuk arah.

4. Jalan Cibaduyut

Nama Cibaduyut identik dengan sepatu, sehingga dikenal sebagai tempat wisata belanja sepatu, meski di kawasan sentra kerajinan sepatu ini juga banyak ditemui tagam jenis sandal, dompet, dan tas berkualitas dengan harga murah.

Jalan Cibaduyut

Untuk mencapai kawasan industri sepatu Cibaduyut, bisa dilakukan dengan banyak cara. Kalau dari Stasiun KA bisa langsung naik angkot ke Cibaduyut.

Demikian juga jika dari Terminal Cicaheum ataupun dapat ditempuh dengan angkut jurusan Leuwi Panjang.

Lokasi Cibaduyut dekat dengan Terminal Leuwi Panjang. Dari sana tinggal jalan kaki saja sekitar 300 meter.

5. Pasar Baru Trade Center

Tempat wisata belanja populer di kota Bandung ini mirip pasar Tanah Abang di Jakarta. Pasar Baru kota Bandung dikenal sebagai pusat kain dan pakaian murah berkualitas, baik yang eceran maupun grosir.

Tempat Wisata Belanja Murah di Kota Bandung

Pasar Baru Trade Center Bandung adalah primadona wisata belanja pakaian orang dari luar Bandung.

Bahkan, wisatawan dari Malaysia dan Singapura kerapkali mondar-mandir cari pakaian di pasar ini.

Pasar Baru Bandung didominasi produk fashion, mulai dari baju umum, baju anak, baju muslim, mukena, kerudung, sepatu, sandal, hingga batik.

Lokasinya di Jalan Otto Iskandar Dinata. Dari stasiun kota, bisa dijangkau dengan jalan kaki. Kalau dari terminal bis Cicaheum atau Leuwi Panjang, tinggal naik angkot atau bius kota sekali jalan. Dari arah Alun-Alun Kota Bandung juga sangat mudah dijangkau dengan jalan kaki sekitar 500-an.

6. ITC Kebon Kalapa

International Trade Centre (ITC) Kebon Kalapa (Kebun Kelapa) mirip dengan Pasar Baru yang terkenal sebagai pusat penjualan pakaian murah.

ITC Kebon Kalapa

Lokasi ITC Kebun Kelapa dan Pasar Baru tidak berjauhan, juga dekat dengan pusat keramaian Tegal Lega.

Berlokasi di Jl. Moh. Toha – Jl. Pungkur, ITC Kebun Kelapa dikenal sebagai “Shopping Mall” murah-meraih. Dulunya adalah Terminal Kebon Kelapa yang sangat terkenal.

ITC Kebon Kelapa kerap disambangi oleh mereka yang, utamanya, ingin berbelanja produk-produk garmen yang banyak diproduksi pengrajin tekstil Bandung.

Bukan hanya busna, di ITC Kebon Kelapa dapat ditemui berbagai aneka barang lain, seperti perhiasan, elektronik, perabotan rumah tangga, termasuk mainan anak-anak, aksesoris, sepatu, jam tangan,handphone, dan area foodcourt.

7. Gang Tamim

Gang Tamim Bandung sangat terkenal sebagai pusat wisata belanja kain murah dalam bentuk meteran. Lokasinya dekat Alun Alun Jl. Asia Afrika dan dekat Pasar Baru, tepatnya di Jalan Tamim, yang dilintasi Jalan Otista.

Gang Tamim

Di tempat ini dapat ditemui berbagai jenis Jeans, Katun, Chiffon, sampai Batik. Menurut sejarahnya, nama “Tamim” diambil dari seorang juragan kain yang tinggal di tempat tersebut.

Jenis kain di Gang Tamim berupa bahan biasa, jeans, juga sutra halus. Puluhan toko tekstil berjejer di Jalan Tamim.

Jalan H. Tamim dikenal sebagai salah satu sentra perdagangan kain jeans tertua di Bandung. Meski sebenarnya bukan hanya kain jeans saja dijual, melainkan berbagai macam jenis kain dan model pakaian.

Pembeli kain bisa langsung meminta dijahitkan pakaian sesuai selera dan ukuran. Tidak sedikit toko maupun pedagang kain kaki lima menjajakan barang berikut jasa tukang jahit. Banyak juga pakaian jadi dari bahan jeans hingga kebaya.

8. Pasar Induk Gedebage

Pasar Induk Gedebage merupakan pasar tradisional terbesar di kawasan Bandung Timur. Lokasinya tidak jauh dari Bundaran Cibiru.

Pasar Induk Gedebage

Jika dari arah Tol Padaleunyi, Anda keluar dari pintu Tol Buah Batu, lalu masuk ke Jln. Soekarno-Hatta ke arah Cibiru.

Lokasinya di Jl. Pasar Induk, Mekar Mulya, Panyileukan, Kota Bandung. Selain menyediakan sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari, pasar ini juga memanjakan Anda denga wisata belanja murah produk lain, terutama pakain bekas.

Pasar Induk Gedebage memang menjadi pusat pakaian bekas, juga jeans, tas, jaket, dan bermacam-macam aksesoris. Di sini pula terletak Pasar Cimol Gedebage.

Pasar Cimol Gedebage berada di bagian belakang kompleks pasar. Pasar Cimol Gedebage inilah yang menjadi tempa relokasi penjual barang-barang sisa ekspor dari Jalan Cibadak, dan Tegallega.

9. Pasar Kota Kembang

Pasar Kota Kembang dikenal sebagai pusat CD dan DVD. Namun, di dalamnya juga ada beberapa kios yang menjual bermacam pernah-pernik, tas, sandal, dan sepatu, serta bermacam aksesoris dengan dengan harga yang sangat murah.

Pasar Kota Kembang

Tempat wisata belanja murah di Kota Bandung ini juga dikenal sebagai pusat barang KW.

Lokasi pasar yang pernah jadi idola warga kota Bandung untuk berbelanja ini, memanjang dari Jalan Dalem Kaum hingga Jalan Asia Afrika, tepatnya di Jl. Dalem Kaum, Balonggede, Regol, Kota Bandung.

Di pasar ini sangat mudah mendapatkan merek barang yang terkenal, misalnya dompet atau kantong yang bermerek Dolce & Gabbana, Versace, Gucci, atau merek terkenal lainnya, namun bukan barang original, melainkan barang KW alias tiruan dengan harga sangat terjangkau.

10. Jalan Cigondewah

Jalan Cigondewah merupakan kawasan wisata belanja kain di daerah Bandung selatan. Daerah ini sangat terkenal sebagai sentra kain seperti Gang Tamim dan Pasar Baru.

Jalan Cigondewah

Di sepanjang Jalan Cigondewah terdapat toko-toko para pedagang tekstil. Kawasannya yang cukup panjang membuat para wisatawan akan dimanjakan dengan beragam pilihan produk tekstil dengan harga murah.

Menurut cerita warga setempat, awal mula daerah Cigondewah hingga menjadi pusat kain adalah sejak seorang warga bernama H. Kohir membuka usaha berjualan kain tekstil. Warga Cigondewah lain mengikuti jejak usaha H. Kohir.

Tekstil yang dijual di Cigondewah tidak hanya barang sisa ekspor, tapi banyak pula toko yang menjual bahan tekstil yang masih baru.

Keunikan kawasan wisata belanja kain Cigondewah ini adalah transksi menggunakan sistem penjualan “kiloan”. Setelah konsumen dan penjual menyepakati harga, kain yang hendak dibeli itu ditimbang layaknya membeli beras atau buah-buahan. Namun, sistem pengukuran juga masih ada.

Kawasan Wisata Belanja Kain atau Sentra Tekstil Cigondewah ini bisa dijangkau menggunakan angkot jurusan Cipatik-Tegallega, jurusan Ciwastra-Cijerah.

Jika memakai kendaraan pribadi, keluar dari pintu Tol Kopo – belok kiri – masuk Cirangrang/Cibolerang – belok kanan ke arah Cigondewah Rahayu – Cigondewah Kaler.

Itulah Top 10 Tempat Wisata Belanja Murah Meriah Berkualitas di Kota Bandung.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *