Stadion GBLA Jadi Arena Balap Liar, Warga Mengadukan ke LAPOR!

Stadion GBLA Jadi Arena Balap Liar, Warga Mengadukan ke LAPOR!

BandungAktual.com —  Jalan di sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di wilayah Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, menjadi arena balap liar motor knalpot bising (brong/nonstandar).

Menurut warga sekitar stadion, GBLA jadi arena balapan liar/motor knalpot bising sejak stadion itu dilengkapi akses jalan mulus dan penerangan bagus di sekeliling stadion.

Razia yang sering dilakukan polisi dari Polsek Gedebage belum berhasil menumpas habis atau membuat jera pebalap liar. Bahkan, jika razia dilakukan sore, maka pebalap liar beraksi malam hari, bahkan hingga dini hari.

Warga sekitar sudah sering melaporkan hal balap liar/knalpot bising di GBLA ini ke pemerintah setempat (kecamatan) dan polisi (Polsek Gedebage).

Baca Juga

Terbaru, seorang warga melaporkan balap liar yang kian marak di sekitar Stadion GBLA ini ke website pengaduan online LAPOR!

LAPOR! adalah sistem untuk penanganan aduan publik secara online, berupa situs dan aplikasi. Nama resmi layanan online ini adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Lembaga resmi pengelola SP4N-LAPOR! ialah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) selaku Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman RI sebagai Pengawas Pelayanan Publik.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dalam Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

Sistem online tersebut dibentuk agar warga bisa mengakses satu saluran pengaduan secara nasional yang terintegrasi.

Contoh Konten LAPOR

Berikut ini contoh konten pengaduan warga terkait balap liar di sekitar Stadion GBLA yang kian marak. Konten ini diterima redaksi BandungAktual dari seorang warga yang identitasnya anonim, namun melampirkan isi pengaduan dan tanggapannya.

Berikut ini ringkasannya.

Ringkasan Isi Pengaduan:

Stadion GBLA Jadi Arena Balap Liar, Mohon Ditutup Jika Tak Ada Pertandingan. Pagi, siang, terutama sore dan malam, pebalap liar/knalpot bising meraung-raung mengganggu ketenangan warga sekitar stadion, termasuk jamaah shalat masjid di dekat stadion

Tindak Lanjut Laporan:

Laporan dilempar ke Pemerintah Kota Bandung oleh Admin Pusat (Pengelola SP4N-LAPOR!). Laporan didisposisikan ke Kecamatan Gedebage Kota Bandung oleh Pemerintah Kota Bandung.

Tanggapan Kecamatan Gedebage:

Terima kasih masukannya. Menyikapi permasalahan balapan liar di Kawasan GBLA, perlu kami sampaikan bahwa dimasa Pandemi Covid 19 ini Satgas Penanganan Covid 19 Kecamatan Gedebage yang terdiri dari unsur Kecamatan, Polsek dan Koramil dibantu Satgas 4 Kelurahan di Kecamatan Gedebage, selain melaksanakan monitoring wilayah terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dimasyarakat dalam rangka pencegahan Covid 19 di Kawasan GBLA antara lain melaksanakan operasi masker dan pencegahan kerumunan, juga melaksanakan penertiban dan antisipasi balapan liar.

Operasi penertiban atau antisipasi balapan liar yang rutin digelar setiap harinya secara gabungan yakni sore mulai pkl 16.00 – 17.45 WIB. Malam hari pukul 20.00 – 21.00 WIB dan pagi hari pkl 07.00 – 08.00 WIB serta patroli rutin gabungan Polsek, Koramil dan Kecamatan diluar jam jam tersebut.

Mengingat keterbatasan personil mohon maaf tidak full 24 jam standby di GBLA sehingga dimanfaatkan oknum pelaku balapan liar menjalankan aksinya sehingga mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Pembinaan para pelaku balapan liar terutama oleh unsur Polsek Gedebage sering dilakukan, akan tetapi kami juga butuh bantuan dan kerjasama semua pihak termasuk orang tua untuk selalu mengingatkan anak remaja nya agar tidak terjerumus kepada aktivitas negatif antara lain balapan liar dan mengarahkannya kepada hal hal yang positif.

Adapun saran Saudara agar kawasan GBLA ditutup bila tidak ada pertandingan, mengingat sudah menjadi jalan umum, perlu ada pengkajian terlebih dulu dan dikomunikasikan dengan dinas/instansi terkait lainnya.

Demikian terima kasih.

Tanggapan Balik Pelapor:

Jika portal atau penutupan stadion tidak memungkinkan, mohon dipasang “polisi tidur”, minimal di jalan sekitar stadion yang selama ini jadi favorit kebut-kebutan.

Demikian pengaduan warga dan tindak lanjutnya di situs LAPOR!

Baca Juga: Pebalap Liar Motor Knalpot Bising Bisa Dipenjara

Razia Polisi di GBLA

Berikut ini contoh razia di GBLA. Foto-foto kegiatan Polsek Gedebage di GBLA sering diposting di Instagram dan akun Twitter.

Stadion GBLA Jadi Arena Balap Liar, Warga Mengadukan ke LAPOR!

Stadion GBLA Jadi Arena Balap Liar, Warga Mengadukan ke LAPOR!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *