9 Lokasi Kuliner Khas Bandung

Kuliner Bandung

SEBAGAI kota wisata kuliner, Bandung memiliki kuliner atau makanan khas. Jajanan atau camilan di Bandung dikenal enak, mulai dari Es Cendol Elizabeth hingga Baso Tahu Tulen.

Berikut ini 9 Lokasi Kuliner Khas Bandung. Jajanan lezat khas Bandung ini antara lain berupa cimol, cilok, cuanki, seblak, es cendol, termasuk jajanan pasar tradisional.

9 Lokasi Kuliner Khas Bandung

Berikut daftar tempat jajan camilan di Bandung yang bisa coba kamu datangi ketika main ke Bandung.

Baca Juga

1. Es Cendol Elizabeth

Es Cendol Elizabeth dikenal sebagai es cendol paling enak. Harga es cendol legendaris di Bandung ini sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp10.000 per gelas.

Es Cendol Elizabeth
Es Cendol Elizabeth (Okezone)

Rasanya segar dan legit. Butiran cendolnya kenyal dan tidak mudah hancur. Rasa manisnya juga pas. Tidak terlalu manis. Selain cendol dan gula, ada pula potongan nangka yang membuat tekstur cendol jadi lebih nikmat.

Di penjuru Bandung banyak penjual cendol yang menggunakan nama “Es Cendol Elizabeth”. Di supermarket juga ada.

Namun, supaya menemukan yang orisinal, sebaiknya Anda membeli langsung es cendol Elizabeth di pusatnya, yakni di Jalan Inhoftank No. 64, Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

2. Perkedel Bondon

Perkedel legendaris di Bandung ini sebenarnya sama saja dengan perkedel biasa, yakni dibuat dengan bahan kentang. Namun, perkedel Bondon dimasak dengan cara yang tak biasa, yakni dengan arang.

Perkedel Bondon
Perkedel Bondon (WordPress)

Perkedel Bondon bisa ditemukan di Jalan Stasiun Timur, No. 14, Kebon Jeruk, Bandung pukul 22.30-01.30 WIB. Harga satu buah perkedel Rp2.000 saja.

3. Camilan Pasar Kosambi

Pasar Kosambi termasuk kawasan bersejarah di Kota Bandung. Lokasinya satu jalur jalan utama dengan Jalan Asia-Afrika yang menjadi pusat Kota Bandung.

Camilan Pasar Kosambi
Camilan Pasar Kosambi

Di pasar ini banyak camilan kering yang bisa dijadikan oleh-oleh. Pasar Kosambi terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, No. 221-223, Kota Bandung.

Beberapa toko oleh-oleh di pasar ini menjual aneka camilan, seperti brownies kering, keripik singkong, aneka kerupuk, dan keripik tempe.

Salah satu toko yang bisa kamu kunjungi adalah Sindang Laris di gerbang utama Pasar Kosambi.

Selain aneka camilan kering, ada juga penjual yang menjajakan aneka lauk ringan tradisional. Salah satunya adalah tutut yang merupakan keong sawah dimasak dengan bumbu rempah khas Sunda.

 

4. Kawasan Cisangkuy

Di Jalan Cisangkuy, Bandung, terdapat kawasan kuliner khas Bandung dengan beragam jajanan dari camilan hingga makanan berat. Jalan Cisangkuy terletak tak jauh dari Gedung Sate, Gasibu, dan Museum Geologi Bandung.

Ada banyak penjual yang menjajakan seblak, cimol, cilok, cuanki, sate, nasi kuning, baso tusuk, kupat tahu, dan masih banyak lagi.

Kawasan Cisangkuy
Kawasan Cisangkuy

Kawasan Cisangkuy paling ramai di hari Minggu pagi karena banyak warga Bandung dan wisatawan yang berolahraga pagi di sekitar Gasibu.

Di sini juga terdapat Yoghurt Cisangkuy, salah satu tempat legendaris yang menawarkan aneka macam yoghurt dengan berbagai rasa. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 30.000 per gelas.

5. Kawasan Dipatiukur

Dipatiukur –sering disingkat DU– adalah kawasan kampus. Universitas Padjadjaran (Unpad) berlokasi di sini. Kini banyak kampus swasta di sekitar jalan ini. Di jalan ini juga lokasi Monumen Perjuangan (Monju).

Tak heran kawasan ini menjadi kawasan kos-kosan mahasiswa. Warung-warung makanan pun mematok “harga mahasiswa” sebagai dukugan terhadap pendidikan.

Kawasan Dipatiukur
Kawasan Dipatiukur (Merdeka)

Di kawasan ini bisa ditemukan aneka jajanan, seperti susu murni aneka rasa mulai dari Rp 5.000. Ada pula berbagai pilihan warung dimsum yang hampir selalu ramai pengunjung. Salah satunya adalah Red Dimsum dengan kisaran harga mulai dari Rp 13.000 saja.

6. Toko Kue Sari-sari

Sari-sari adalah toko yang menjual aneka jajanan pasar yang cocok untuk mengisi perut kala sarapan. Toko ini menyediakan lontong oncom, pastel sayuran, gehu, sus vla, pai buah, lemper ayam, serabi solo, kue lumpur, dan masih banyak lagi.

Toko Kue Sari-sari
Toko Kue Sari-sari (TripAdvisor)

Variannya sangat banyak. Tak hanya kue tradisional, ada pula beberapa makanan berat seperti nasi goreng dan nasi tutug oncom.

Kisaran harganya juga cukup murah, yakni mulai dari Rp2.000 per jenisnya. Toko Kue Sari-sari terletak di Jalan Sultan Tirtayasa, No.17, Citarum, Kota Bandung. Buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

7. Kawasan Cibadak

Jalan Cibadak Kota Bandung dekat dengan kawasan Sudirman Street Food. Di kawasan jalan ini mudah ditemukan aneka jajanan, seperti bakso, cimol, cilok, seblak, surabi, wedang ronde, baso tahu, sekoteng, pisang nugget, bola ubi sampai coffee shop pinggir jalan.

Kawasan Cibadak
Kawasan Cibadak (Ayobandung)

Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja. Kawasan ini mulai ramai sejak sore hingga malam hari, khususnya malam Minggu.

8. Kue Balok Mang Salam

Kue balok adalah kue khas Garut yang mirip dengan kue cubit tapi lebih padat dan besar, seperti balok. Di kue balok Mang Salam, kamu bisa menemukan aneka kue balok berbagai rasa kekinian.

Kue Balok Mang Salam
Kue Balok Mang Salam (Tribun Jabar)

Ada kue balok dengan campuran topping cokelat, stroberi, matcha, nutella, ovomaltine, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih apakah mau kue balok matang atau setengah matang yang masih lumer.

Kue Balok Mang Salam punya beberapa cabang. Ada yang di Dago, Cibiru, dan Telkom University. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 2.500 saja per buahnya.

9. Baso Tahu Tulen

Ini baso tahu paling enak di Kota Bandung. Lokasinya di dekat Prima Rasa Bakery Pastry di Jalan Kemuning, No.20, Merdeka, Kota Bandung.

Baso Tahu Tulen
Baso Tahu Tulen

Sang penjual menggunakan motor bak terbuka di seberang Prima Rasa Kemuning. Walaupun lokasinya sederhana, tapi rasanya tak kalah dengan restoran.

Anda bisa menikmati baso tahu khas Sunda, tahu, siomay, pangsit, paria, kol, dan telur. Satu macam baso tahu dihargai Rp7.500. Harga satu porsi dengan 10 macam baso tahu Rp 75.000. (Tribun Travel)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *