Jadwal Imsak dan Puasa Kota Bandung 2021

Jadwal Imsak dan Puasa Kota Bandung

BandungAktual.com —  Ramadhan segera tiba. Umat Islam mulai berpuasa Selasa, 13 April 2021. Berikut ini  Jadwal Imsak dan Puasa Ramadhan 2021 untuk Kota Bandung dan sekitarnya.

Jadwal Imsakiyah Bandung 1442 H ini resmi dari laman Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Puasa Ramadan dimulai saat masuk waktu Shalat Subuh. Waktu berbuka puasa adalah saat masuk waktu Shalat Magrib.

Jadwal Imsakiyah Bandung 1442 H

jadwal puasa ramadhan bandung

Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Ramadan 1442 H untuk kota lainnya bisa dilihat dan diunduh di laman resmi Binmas Islam Kemenag RI.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini umat Islam berkewajiban untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Pada bulan Ramadan umat islam juga berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah sunah salah satunya dengan melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Tips sehat berpuasa

1. Makan Secukupnya

Makanlah saat berbuka puasa dan sahur secukupnya, justru makan yang terlalu banyak akan mengganggu metabolisme tubuh.

Apalagi saat waktu berbuka puasa langsung makan dengan porsi banyak, maka bisa menyebabkan kantuk dan sholat tarawih tidak nyaman karena terlalu kenyang.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, usahakan untuk selalu minum air putih yang cukup selama puasa Ramadan. Kebutuhan air dalam tubuh untuk orang dewasa sekitar 2-2,5 liter/hari.

Dikutip dari website Halodoc, ada rumus minum air putih saat puasa yang baik yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.

Tantangan orang puasa yang terbesar adalah menahan rasa haus, untuk itu kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi.

3. Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat adalah yang memenuhi semua kebutuhan tubuh 4 sehat 5 sempurna mulai dari karbohidrat, protein dan lemak.

Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan rasa manis yang kurang baik untuk kesehatan. Perbanyak makan sayur dan buah selama bulan puasa.

4. Minum Vitamin

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, tubuh kita akan rentan terkena serangan penyakit karena kurangnya nutrisi dalam tubuh.

Untuk memperkuat kekebalan tubuh Anda bisa menambah dengan mengkonsumsi vitamin selain dari buah dan sayur.

5. Sempatkan Sahur

Tips sehat berpuasa yang terakhir adalah selalu menyempatkan untuk sahur. Walaupun masih terasa kenyang, Anda perlu bangun untuk melakukan sahur, paling tidak minum air putih.

Makanan yang Anda konsumsi saat sahur akan menjadi sumber energy untuk menjalani kegiatan sampai waktu berbuka puasa. Jika tidak ada energi yang dibakar maka tubuh biasanya terasa lemas.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *