Daftar 5 Tempat Tes Swab PCR di Bandung, Biaya Mulai Rp500 Ribu

Daftar 5 Tempat Tes Swab PCR di Bandung, Biaya Mulai Rp 500 Ribu

BandungAktual.com — Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) adalah salah satu pemeriksaan molekuler untuk seluruh pasien yang terduga terinfeksi Covid-19. Tes PCR merupakan rekomendasi yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut laman indonesia.go.id, orang yang perlu melakukan tes PCR adalah kategori suspek karena ada gejala sesak napas, sakit tenggorokan, batuk, disertai demam 38 derajat Celcius; orang yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19; orang yang terkonfirmasi reaktif berdasarkan hasil rapid test; dan orang yang bepergian keluar kota atau luar negeri pada 14 hari terakhir.

Saat ini tes swab PCR bisa dengan mudah dilakukan. Jika Anda memiliki gejala terpapar virus corona, lebih baik langsung lakukan tes swab PCR, karena hasilnya lebih akurat dari tes antigen, antibodi, atau GeNose.

Tes PCR hingga saat ini masih dianggap standar terbaik untuk diagnostik Covid-19. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan lembaga riset nirlaba Foundation for Innovative New Diagnostics (FIND), tes PCR punya sensitivitas mencapai 100 persen dan spesifisitas 96 di lingkungan terkontrol.

Prosedur swab PCR dimulai dari pengambilan sampel melalui hidung (nasofaring) dan mulut (orofaring). Proses pengambilan sampel ini kurang lebih hanya memakan waktu 15 detik. Selanjutnya, sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium.

Daftar 5 Tempat Tes Swab PCR di Bandung

Setidaknya ada lima tempat bagi warga Kota Bandung untuk melakukan tes PCR. Harganya mulai Rp 500 ribu.

1. Dinkes Kota Bandung

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung di Jl. Supratman No. 73 membuka layanan tes PCR setiap Senin-Jumat pukul 08.00 WIB-15.00 WIB.

Harganya juga cukup murah dibanding dengan tes PCR di tempat lain, yakni Rp 500 ribu. Hasilnya baru bisa Anda dapatkan sekitar 2 hingga 3 hari kerja, menyesuaikan dengan seberapa banyak tes PCR yang dilakukan di Lab Kesehatan Kota Bandung.

Untuk pendaftarannya, Anda bisa datang langsung ke Kantor Dinkes Bandung sembari membawa foto copy KTP. Atau, bisa melakukan pendaftaran lewat WhatsApp dengan nomor 0813 1794 8970 atau 0821 2477 845.

2. Bumame Farmasi Bandung

Bumame Farmasi Bandung menyediakan layanan swab PCR drive thru, walk-in, hingga home service. Lokasinya ada di Jl. LLRE Martadinata (Jl Riau), Citarum, Kota Bandung.

Untuk pendaftarannya, Anda bisa memilih sendiri tanggal swab yang diinginkan, dan hasil swab PCR mereka hasilnya juga cukup cepat karena hanya menunggu 10 dan 16 jam saja. Untuk pendaftarannya, bisa Anda lakukan secara online di website Bumame Farmasi.

Setelah swab PCR dilakukan, Anda tidak perlu menunggu di lokasi, bisa langsung pulang ke rumah, karena hasilnya akan dikirimkan ke email.

Harga swab PCR di Bumame Farmasi ini beragam, mulai dari Rp 790 ribu untuk hasil 16 jam, dan Rp 900 ribu untuk hasil 10 jam.

3. Klinik Kimia Farma Bandung

Anda juga bisa melakukan tes swab PCR di Klinik Kimia Farma Bandung. Namun, tidak semua Klinik Kimia Farma Bandung membuka layanan tes swab PCR. Sehingga, jika Anda akan melakukan swab PCR, bisa dilakukan di Klinik Kimia Farma Gegerkalong, Gede Bage, dan Cihanjuang.

Pendaftarannya cukup mudah menggunakan aplikasi Kimia Farma Mobile yang bisa diunduh di App Store atau Play Store. Untuk harga swab PCR di Klinik Kimia Farma Bandung ini Rp 900 ribu.

Hasilnya bisa Anda lihat dalam waktu 5 hari kerja dalam bentuk hard copy atau diambil di lokasi tes. Tetapi, Anda juga bisa melihat hasil tes yang bisa diunduh dari aplikasi Kimia Farma Mobile.

4. Drive Thru Halodoc Bandung

Layanan tes swab PCR drive thru, bisa Anda dapatkan dari aplikasi kesehatan Halodoc. Di Bandung, ada tiga lokasi drive thru, yakni di Purnawarman Tamansari, Pelajar Pejuang, dan Kiaracondong.

Untuk pendaftarannya, bisa Anda lakukan langsung di aplikasi Halodoc. Nanti ada beberapa pilihan harga, mulai dari Rp 799 ribu hingga Rp 1,375 juta, tergantung berapa hari hasil tes COVID-19 keluar.

5. Rumah Sakit Advent Bandung

Rumah Sakit Advent Bandung juga melayani tes PCR COVID-19. Dengan harga Rp 850 ribu, Anda bisa melihat hasilnya dalam waktu satu hari kerja, kemudian Rp 900 ribu yang hasilnya keluar di hari yang sama.

Layanan tes PCR di Advent ini dilaksanakan di halaman parkir rumah sakit di Jalan Cihampelas No. 161, setiap hari Minggu hingga Jumat, pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp mereka di nomor 0812 8790 9050. (Kumparan)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *