11 Cerita Mistis Horor Legendaris di Kota Bandung

KOTA Bandung menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Kota yang dijuluki Paris van Java dan Kota Kembang ini memiliki cerita-cerita legenda mistis atau kisah horor yang sangat mengerikan.

Cerita Mistis Horor Legendaris di Kota Bandung

Berikut ini beberapa tempat yang memiliki kisah mistis di Kota Bandung yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Rumah Gurita

Cerita Mistis Horor Legendaris di Kota Bandung
Rumah Gurita
Rumah gurita begitu dikenal sebagai salah satu rumah angker legendaries di kota Bandung. Rumah yang di atapnya memiliki patung gurita yang besar ini konon dipercaya sebagai gereja setan.

Meski kisah legendanya sudah terpatahkan, namun legenda mistis di rumah ini memang benar-benar nyata. Menurut kisah rumah ini di huni oleh hantu-hantu wanita yang mengerikan

Rumah gurita begitu dikenal sebagai salah satu rumah angker legendaries di kota Bandung. Rumah yang di atapnya memiliki patung gurita yang besar ini konon dipercaya sebagai gereja setan.

Baca Juga

Meski kisah legendanya sudah terpatahkan, namun legenda mistis di rumah ini memang benar-benar nyata. Menurut kisah rumah ini di huni oleh hantu-hantu wanita yang mengerikan.

2. Rumah Ambulance

rumah ambulance bandung

Selain rumah gurita, rumah tua yang dikenal dengan sebutan rumah ambulance juga menjadi legenda mistis yang sangat terkenal di kota Bandung. Menurut legendanya, mobil tua yang sebenarnya sudah tidak bisa berfungsi lagi tersebut kerap menyala sendiri di waktu tertentu.

3. Patung Tua Taman Maluku H.C. Verbraak

 

Patung Tua H.C. Verbraak

Patung tua di Taman Maluku Jl. Ambon No.8, Citarum, Kota Bandung yang dikenal sebagai patung H.C Verbraak ini pun punya kisah legenda mistis yang mengerikan. H.C. Verbraak merupakan pastor Belanda yang bertugas di Aceh pada 1870 dan beberapa daerah lain

Menurut legendanya, patung yang di dirikan untuk menghormati H.C Verbraak yang merupakan seorang pastor asal Belanda ini kerap hidup di malam hari. Konon tepat di bawah patungnya, hantunya bermukim dan kerap menampakkan wujudnya.

Tidak seperti taman lainnya yang membawa ketenangan, Taman Maluku justru membawa banyak ketegangan. Patung Pastor Verbraak yang meninggal dalam kecelakaan pesawat menjadi simbol mistis di area tersebut.

Konon, di malam hari patung tersebut akan berjalan-jalan sendiri. Bahkan patung Pastor Verbaak akan berubah posisi ketika ada orang yang berani menunggu di dekat patung tersebut.

4. Hantu Boneka Jalan Babakan Siliwangi

Jalan Babakan Siliwangi Bandung
Jalan Babakan Siliwangi Bandung

Salah satu urban legend yang paling dikenal bagi warga Bandung adalah kisah legenda hantu boneka yang ada di Jalan Babakan Siliwangi. Konon hantu tersebut adalah hantu penasaran dari seorang anak kecil yang tewas tertabrak.

Menurut kisah legenda yang banyak dipercaya warga sekitar hantu anak kecil tersebut sering terlihat bermain di sekitar pohon membawa boneka dengan penampakan wajahnya yang hancur.

Di tahun 1981 ada sebuah kecelakaan yang terjadi di Jalan Babakan Siliwangi. Saat itu sebuah keluarga yang sedang menyebrang jalan dihantam oleh sebuah mobil. Seorang anak bernama Uci menjadi korban dalam insiden tersebut.

Kabarnya saat kecelakaan terjadi, boneka yang dibawa Uci terlempar dan menggantung di sebuah pohon. Sejak saat itu, siapa saja yang menatap pohon tersebut dalam waktu yang lama akan melihat penampakan sebuah boneka milik Uci yang hingga kini belum juga ditemukan.

5. ITB

ITB
Kampus ITB (kompas.com)
Institut Teknologi Bandung atau ITB sejak dulu dikenal dengan sejuta legenda mistisnya. Bahkan kampus ini boleh dikatakan sebagai salah satu kampus yang paling angker di Indonesia. Kolam mesin, laboratoium hingga PAU dipercaya menjadi titik yang paling horor bagi para mahasiswa.

6. SMA Aloysius, SMA 2, SMA 3, dan SMA 5 Bandung

SMAN 3 dan 5 Bandung

Bandung juga punya kisah-kisah sejarah yang melegenda bagi kemerdekaan Indonesia, bahkan Bandung pun sebelumnya sempat menjadi pusat pemerintahan di era Belanda. Kelamnya era penjajahan dahulu pun melekat pada sejumlah sekolah menengah atas di Bandung. SMA Aloysius, SMA 2, 3 dan SMA 5 pun dipercaya sangat angker.

Bangunan SMAN 5 Bandung yang telah ada sejak zaman Belanda ini dipercaya dihuni oleh Nancy, hantu Noni Belanda yang mati bunuh diri. Banyak sekali kisah horror yang beredar sejak tahun 90-an hingga kini.
Nancy pernah menampakan diri di hadapan guru dan menganggu jalannya kegiatan malam hari. Ada seorang kuncen bernama Mang Ucha yang kerap dimintai pertolongan untuk mengamankan Nancy selama kegiatan malam berlangsung.

Siapa saja yang ingin melihat penampakan Nancy, cukup dengan mengintari bangunan sekolah sebanyak 3 kali. Saking ngerinya, kisah Nancy pun diangkat ke layar lebar. Kabarnya, banyak pemain film yang mengalami kesurupan saat syuting berlangsung.

7. Stadion Siliwangi

stadion siliwangi

Stadion Siliwangi adalah markas lama Persib Bandung. Stadion yang terletak di Jalan Tongkeng – Jalan Aceh Kota Bandung ini juga punya kisah legenda mistis yang menyeramkan.

Konon disekitar area stadion termasuk di dalamnya sering terlihat sosok hantu Belanda tanpa kepala yang menunggangi kuda.

8. Taman Pramuka

taman pramuka bandung

Sebelum dijadikan taman, tempat ini adalah sebuah pom bensin tua. Menurut kabar yang beredar di masyarakat, sering terjadi penampakan hantu prajurit tanpa kepala yang sedang menunggang kuda.

9. Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia yang masuk dalam daftar 10 tempat terangker di Bandung ini terletak di belakang Gedung Sate. Gedung bergaya zaman kolonial ini memang dipercaya memiliki kisah mistis yang melegenda.

Kabarnya, patung-patung yang berada di ruang bawah tanah dapat hidup di malam hari. Jika ada pengunjung yang memperhatikan patung secara seksama maka patung-patung tersebut akan menatap balik ke arah pengunjung.

10. Jalan Cipaganti

jalan cipaganti

Di siang hari jalan Cipaganti terlihat biasa saja, malahan sangat rindang dan sejuk. Namun, saat tengah malam aura mistis jalan ini sangat terasa.

Kabarnya, setiap jam 1 malam, akan muncul penampakan hantu tanpa kepala berpakaian pendekar, di sekitaran Kantor Pos dekat pom bensin Cipaganti.

11. Villa Isola

villa isola

Villa Isola adalah bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota Bandung. Berlokasi pada tanah tinggi, di sisi kiri jalan menuju Lembang (Jln. Setiabudhi), gedung ini dipakai oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia-UPI).

Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung. Villa Isola dibangun pada tahun 1933, milik seorang hartawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty.

Di malam hari, kerap muncul penampakan orang asing berdansa. Warga sekitar meyakini bahwa hantu tersebut adalah Dominique. Kabarnya, sang anak, Anna pun kerap menampakan diri.
Demikian Cerita-Cerita Mistis Legendaris di Kota Bandung.*

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *