2 Tahun Memimpin Kota Bandung, Oded-Yana Dinilai ‘Terlalu Slow’

Oded-Yana Pemkot Bandung

Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Yana Mulyana, genap 2 tahun pada 20 September 2020.

Guru Besar Ilmu Politik sekaligus Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Cecep Darmawan, memberikan pandangan mengenai kinerja Oded-Yana selama dua tahun ini.

Dia menilai kinerja Oded-Yana selama ini relatif tenang dan adem.

“Kepemimpinan Pak Oded-Kang Yana ini, relatif tenang ya, adem-lah gitu, walaupun orang menyebutnya, ‘ini kayaknya walikota terlalu slow’,” ucapnya, Selasa (22/9/2020).

Dari sisi pembangunan, Cecep berpesan agar pasangan Oded-Yana di sisa masa jabatan untuk lebih fokus dan akseleratif.

Penundaan pembangunan akibat Covid-19 disarankan untuk di jadwal ulang dan dievaluasi secara kuantitatif.

“Misalnya tahun pertama, Renja-nya (rencana kerja) sudah berapa persen, terus diukur. Dikuantitatifkan kalau bisa,” sarannya.

Selain itu, dia juga menyarankan agar walikota bekerja sama dengan provinsi dan kabupaten lain dalam rangka terwujudnya Bandung Kota Metropolitan.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan, terutama masalah kemacetan.

“Ini juga harus ada keterlibatan provinsi, juga komunikasi yang bagus, dengan kabupaten kota lain, dalam rangka tadi, membangun kawasan yang disebut dengan Bandung Kota Metropolitan,” jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya komunikasi kepada publik mengenai pembangunan Kota Bandung. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu kekurangan dari kepemimpinan pasangan Oded-Yana.

“Dalam kaitan dengan media sosial, saya melihat kekurangan lah ya, saluran-saluran itu (komunikasi dengan publik) agak tersumbat,” ujarnya.

Di media sosial, banyak warga Kota Bandung pura-pura tidak mengenal Oded-Yana karena kepasifan mereka di media sosial. Padahal, media sosial menjadi media interaksi terpopuler era internet.

Selain itu, Oded-Yana disebut memimpin Kota Bandung “seadanya” atau “asal jalan” tanpa program yang “menggebrak” seperti era Wali Kota Ridwan Kamil. (PRFM News)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *