19 Nama Ramaikan Bursa Kandidat Calon Gubernur di Pilgub Jabar 2024

Pilgub Jabar 2024

Warga Jawa Barat (Jabar) akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2025–2030 pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024.

Sejumlah nama sudah menyatakan kesiapannya bertarung di Pilgub Jabar 2024, termasuk Gubernur Jabar saat ini, Ridwan Kamil (RK).

Nama-nama lain yang menyatakan kesiapannya maju di Pilgub Jabar 2024 antara lain Dada Rosada, Uu Ruzhanul Ulum, Mochamad Iriawan, dan Desy Ratnasari. Ada juga nama-nama yang dinilai potensial menjadi Gubernur Jabar, termasuk istri mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan.

Dada Rosada adalah mantan Wali Kota Bandung dua periode (2003–2008, 2009-2013). Dada bebas dari penjara (Lapas Sukamiskin) 26 Agustus 2022. Ia divonis penjara 10 tahun dalam kasus dugaan suap hakim dalam perkara korupsi dana bantuan sosial pada 1 Juli 2013.

Dada menyatakan kesiapannya maju dalam Pilgub Jabar 2024 jika diminta oleh masyarakat,

“Jika ada permintaan dari masyarakat, kenapa tidak mengambil tawaran politik tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Komjen Pol. (Purn.) Mochamad Iriawan juga menyatakan kesiapannya maju dalam Pilgub Jabar 2024.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang mendorong dirinya untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar. Iwan pernah menjabat sebagai Kapolda Jabar dan Penjabat Gubernur Jabar.

Kesiapan maju di Pilgub Jabar 2024 juga diutarakan oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Didukung DPP PPP,  Uu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya. Namun, belakangan Uu menyatakan “tidak berani” jika harus bersaing dengan Ridwan Kamil. Uu siap maju di Pilgub Jabar jika RK tidak menjadi Cagub Jabar 2024.

Tokoh lain yang menyatakan siap mengikuti Pilgub Jabar 2024 adalah Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari.

Sebagai eks artis, Desy Ratnasari memiliki popularitas tinggi dan menyatakan siap jika ditugaskan langsung PAN untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024.

Kandidat Cagub Jabar 2024 versi Gema Keadilan

Organisasi sayap kepemudaan PKS, Gema Keadilan Jabar, merilis delapan nama kandidat Cagub Jabar 2024. Nama-nama ini dinilai potensial menjadi Gubernur Jabar 2024.

1. Dr. H. Haru Suandharu, M.Si. (Ketua DPW PKS Jabar)
2. H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. (Wakil Gubernur Jabar)
3. Dr. Hj. Netty Prasetyani Heryawan, M.Si. (Anggota DPR RI Komisi IX )
4. Hj. Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi. (Ketua DPW PAN Jabar)
5. drh. H. Achmad Ru’yat, M.Si. (Wakil Ketua DPRD Jabar).

6. H. Saan Mustopa, M.Si. (Ketua DPW Nasdem Jabar)
7. H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. (Walikota Sukabumi)
8. K.H. Nurhasan Zaidi, S.Sos.I. (Ketua Umum DPP PUI, Anggota DPR RI Fraksi Komisi VII).

Survei Pilgub Jabar 2024: Elektabilitas RK Tertinggi

Ridwan Kamil memuncaki peringkat elektabilitas calon gubenur pada Pilgub Jabar 2024, menurut hasil survei Charta Politika Indonesia pada Maret 2022.

Tingkat elektabilitas Ridwan Kamil saat ini mencapai 44%. Perolehan elektabilitas Ridwan Kamil terpaut jauh dibandingkan tokoh-tokoh lainnya yang berpeluang maju sebagai cagub dalam Pilgub Jabar.

Hanya ada nama Dedi Mulyadi yang angkanya sudah mencapai 20,8%, berada di posisi kedua. Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya memperoleh elektabilitas yang sangat jauh dibandingkan kedua tokoh tersebut, yakni di bawah 5%.

Dedi Mizwar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 4,8% dan Bima Arya Sugiarto di posisi selanjutnya dengan elektabilitas 4%. Kemudian, ada nama Dede Yusuf dengan perolehan elektabilitas 1,8%, Cellica Nurachadiana 1,7%, dan Uu Ruzhanul Ulum juga Ono Surono 1,2%. Selebihnya, ada Desy Ratnasari 0,8%, Rieke Dyah Pitaloka 0,4%, Nasrudin Azis 0,3% dan Haru Suandaru 0,3%.

Daftar Nama Kandidat Cagub Jabar 2024

  1. Ridwan Kamil
  2. Dada Rosada
  3. Mochamad Iriawan
  4. Uu Ruzhanul Ulum
  5. Desy Ratnasari
  6. Haru Suandharu
  7. Netty Prasetyani Heryawan
  8. Achmad Ru’yat
  9. Saan Mustopa
  10. Achmad Fahmi
  11. Nurhasan Zaidi
  12. Dedi Mulyadi
  13. Dedi Mizwar
  14. Bima Arya Sugiarto
  15. Dede Yusuf
  16. Cellica Nurachadiana
  17. Ono Surono
  18. Rieke Dyah Pitaloka
  19. Nasrudin Azis.

Sumber: Antara

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *